Waspada Es Batu Penuh Bakteri ~ HTML Cimahi

Minggu, 18 September 2011

Waspada Es Batu Penuh Bakteri

ES batu yang biasa kita nikmati bersama teh atau jus buah di berbagai tempat makan ternyata tidak semuanya steril. Tak hanya di Tanah Air, bahkan di Amerika, tercatat, 1 dari 3 pub, restoran, dan kafe menyediakan es batu yang tidak steril.

Hal itu disimpulkan setelah para peneliti Badan Perlindungan Kesehatan AS yang menemukan bakteri pada tangan, selain karena kurang bersih dalam membasuh tangan. Tes pun dilakukan terhadap mesin penghasil es di 88 perusahaan. Ditemukan, 30 persen tidaknya higienis.

Rincian ini diterbitkan setelah sebuah laporan baru-baru ini mengungkapkan bahwa jumlah orang yang mengalami masalah pada perut melonjak hingga 50 persen jika dibandingkan dengan 1990-an. Sebanyak 17 juta kasus sakit perut terjadi setiap tahunnya di AS. Penyebabnya, es, sendok, dan mesin yang kurang bersih. "Sebesar 30 persen sampel es yang ditemukan memiliki kadar bakteri coliform. Dari jumlah tersebut, tiga sampel juga ditemukan mengandung bakteri enterococci dan E coli," jelas salah satu peneliti seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (12/9).

Penelitian di AS juga menemukan bahwa mesin es di restoran cepat saji dan kafe sebagian besarnya digunakan oleh pelanggan, bukan oleh staf sehingga sangat mungkin terkontaminasi. "Praktik-praktik kebersihan yang buruk ketika mempersiapkan es dapat menimbulkan risiko bagi bakteri berbahaya untuk mengontaminasi makanan dan minuman." Lalu, bagaimana dengan di Tanah Air? Apakah Anda sudah yakin dengan kebersihan es batu yang menyegarkan? (Pri/OL-06)

0 komentar:

Posting Komentar