Cara Hapus Tuntas virus Copy of Shortcut + Recycler (W32/Ramnit) ~ HTML Cimahi

Sabtu, 10 September 2011

Cara Hapus Tuntas virus Copy of Shortcut + Recycler (W32/Ramnit)

Virus ramnit ini menyebar melalui flash disk, dengan ciri-ciri ada shortcut 1 - 4.ink didalam flash disk kita, flash disk yang sudah terinfeksi akan dengan mudah menginfeksi komputer lain tanpa perlakuan khusus, cukup dengan di tancapkan melalu USB, maka virus ini akan langsung masuk. smadav 8.5 smp sekarang bahkan blm bisa menanganinya. tapi menggunakan dr web dan antivir terbaru, virus ini benar2 bisa di bersihkan.


Virus Ramnit atau biasa dinamai ShortCut Recycler dan Win32.Siggen.8 adalah sejenis trojan/backdoor, dan keganasannya bikin jengkel banyak praktisi Komputer, bahkan disebut-sebut mendekati kemampuan Sality yang saya sendiri mengakui memang bikin jengkel. Virus ini menginject file Exe, DLL, SCR, Html dan file-file executable lainnya di Windows Environtment.

Salah satu ciri khas virus ini adalah keluarnya file  Copy of Shortcut to (1 s/d 4).lnk di flashdisk yang dicolokkan ke komputer yang sudah terjangkit virus ini. Selain itu, terdapat sebuah file bernama watermark.exe di C:\Programs Files\Microsoft\ dan  C:\Program Files\Common Files\Microsoft\

melihat kemiripan dengan Sality tersebut, penulis mencoba menggunakan Smadav terbaru untuk mendeteksi keberadaan virus tersebut di komputer terdakwa, dan, lagi-lagi Smadav mandul belum bisa mendeteksi virus yang satu ini, padahal menurut informasi, virus ini telah hadir sejak tahun 2010 (Variant A).

untuk menghapusnya bisa menggunakan Antivirus Dr.Web yang bisa di download disini 

  1. Setelah software Dr.Web LiveCD berhasil di download, burn kedalam CD/DVD
  2. Hubungkan USB Flash dan HDD eksternal ke komputer
  3. Booting komputer melalui CD/DVD ROM
  4. Kemudian akan muncul layar “Welcome to Dr.Web LiveCD
  5. Pilih “Dr.Web LiveCD (Default)” kemudian tekan tombol “Enter” pada keyboard
  6. Tunggu beberapa saat sampai muncul interface Dr.Web LiveCD yang akan menampilkan aplikasi “Dr.Web Scanner” secara otomatis. Dr.Web Scanner ini berfungsi untuk melakukan pemeriksaan terhadap komputer anda dari kemungkinan adanya virus 
  7. Untuk Scan HDD, pada layar “Dr.Web Scanner” pilih lokasi Drive yang akan di periksa dan pastikan anda check list opsi “Scan subdirectories” agar Dr.Web dapat melakukan pemeriksaan terhadap direktori dan subdirektori agar pembersihan lebih optimal. Jika layar Dr.Web Scanner tidak muncul klik ganda icon “Dr.Web Scanner” yang terdapat pada Desktop.
  8. Kemudian klik tombol [Start] untuk memulai proses pemeriksaan (scan)
  9. Tunggu beberapa saat sampai proses scan selesai dilakukan. Jika ditemukan adanya virus, Dr.Web akan menginformasikan file yang terinfeksi dan jenis virus yang menginfeksi pada kolom informasi virus yang tersedia.
  10. Klik tombol [Select All] untuk memilih semua objek/file yang akan di bersihkan atau Anda dapat menentukan file mana saja yang akan Anda bersihkan dengan check list pada opsi yang tersedia
  11. kemudian klik tombol [Cure] untuk membersihkan file yang telah terinfeksi virus
  12. Tunggu sampai proses pembersihan selesai dilakukan
  13. Scan ulang komputer untuk memastikan komputer bersih dari virus
  14. Restart komputer.
  15. Semoga computer anda sudah bersih dari virus ramnit

0 komentar:

Posting Komentar